Tips Mengusir Panas Di Dalam Rumah

22 , May , 2019
Tips Mengusir Panas Di Dalam Rumah
si.wsj.net

Ketika musim kemarau tiba, di masa seperti ini, sinar matahari akan terasa lebih menyengat dan suhu udara meningkat. Suasana di dalam rumah pun terpengaruh perubahan suhu ini. Suasana gerah tentu sangat menjengkelkan di dalam rumah. Jika hanya mengandalkan Air Conditioner (AC), Namun ini akan membuat isi dompet terkuras akibat biaya tagihan listrik bertambah.

Agar kepala tidak ikut-ikutan panas memikirkan kenaikan biaya listrik, cobalah beberapa trik berikut ini.

 

1. Membuat Cross Ventilation

source : pinterest.com

Ventilasi silang tentu sangat penting di dalam sebuah rumah. Ibaratnya, ada udara yang masuk, ada juga udara yang keluar. Dengan adanya ventilasi silang, sirkulasi udara akan lancar, adem dan sejuk.
Jika memungkinkan, buatlah ventilasi silang di rumah untuk menjaga suhu ruangan tetap sejuk.

source : pinterest.com

Caranya adalah dengan membuat dua jendela atau ventilasi yang saling berhadapan. Ini dapat memperlancar sirkulasi udara dan rumah pun akan tetap sejuk di segala cuaca. Jadi, pastikan ada dua bukaan yang saling berhadapan pada sebuah ruang.


2. Buka Jendela Rumah

source : hgtv.com


Kita cenderung membuka semua pintu dan jendela saat temperatur di luar memanas. Pastikan agar hawa panas tidak masuk ke dalam rumah saat kita membuka pintu dan jendela. Sekali hawa panas masuk, sulit untuk mengeluarkannya kembali. Solusinya, cukup buka beberapa jendela dan pintu saja. Hawa yang lebih segar akan masuk ke rumah jika kita membuka semua pintu dan jendela di rumah pagi-pagi sekali atau menjelang senja.

source : homebuilding.co.uk

Apabila anda mempunyai dana yang cukup, anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan turbin ventilator pada bagian atap rumah anda. Turbin ini bersifat sebagai penangkap angin melalui baling-baling sirip yang dimiliki, untuk selanjutnya udara dialirkan kedalam ruangan agar suhu ruangan menjadi sejuk.

 

3. Cegah Sinar Matahari Yang berlebihan

source : google


Untuk mencegah sinar matahari yang terlalu berlebihan kita bisa menggunakan kerai bambu. Kerai bambu adalah cara sederhana untuk menangkal paparan sinar matahari. Udara yang berhembus melalui sela-selanya akan membuat temperatur dalam rumah terasa sejuk. Selain itu, kerai bambu mudah didapatkan dan harganya sangat terjangkau. Pasang kerai bambu di depan jendela rumah yang paling terpapar sinar matahari.

source : home.co.id

Anda juga bisa menggunakan sun-shading atau secondary skin, seperti kisi-kisi atau pohon. Apalagi jika rumah Anda menghadap ke barat. Penutup panas ini akan membantu menghalau paparan matahari langsung.


4. Menanam Pohon Dan Tanaman Hijau

source : tinkerworlds.com


Tanaman hijau sangat berguna untuk mengurangi pemanasan global. Apabila anda mempunyai banyak tanaman hijau yang rindang, akan dapat dipastikan ruangan didalam rumah akan menjadi lebih sejuk. Anda pun dapat menggunakan tanaman merambat atau tanaman dalam pot sebagai pengganti pohon yang rindang, jika tidak mempunyai lahan yang luas. Fungsi lain dari tanaman selain sebagai penghijauan dan memberikan suasana yang sejuk pada ruangan, adalah juga bermanfaat sebagai pemasok oksigen yang berguna bagi anda.


5. Meninggikan Plafon

source : architectureartdesigns.com


Sebaiknya buatlah plafon rumah tinggi untuk mendinginkan suhu udara di dalam rumah. Plafon tinggi akan memperlambat masuknya suhu/udara panas ke dalam ruangan. Sebab, paparan sinar matahari tidak akan langsung masuk ke dalam ruang, melainkan mengenai dinding luar rumah terlebih dahulu, lalu masuk ke dalam rangka atap. Dari rangka atap udara panas akan diteruskan ke plafon, dan baru akan mengalir ke dalam setiap ruangan di rumah. Anda juga bisa menambahkan lubang ventilasi di plafon sebagai akses sirkulasi pertukaran udara di dalam rumah. Desain plafon yang tinggi juga memberikan efek interior rumah menjadi lebih luas dan lebar.

 

Demikian sedikit ulasan mengenai cara dan tips mengatasi udara panas di dalam rumah yang dapat anda praktekan. Semoga bermanfaat.

 

source :
homify. co. id
99. co
rumahlia. com