Polycarbonate Sebagai Kanopi dan Atap Rumah Anda

26 , July , 2018
Polycarbonate Sebagai Kanopi dan Atap Rumah Anda
polycarbbonate
polikarbonat

Polycarbonate atau secara penulisan biasa menjadi polikarbonat, polycarbonat merupakan atap yang terbuat dari bahan dasar yang tentu sesuai dengan namanya sendiri yaitu Polycarbonate. Polycarbonate memiliki fungsi utama dari atap ini yaitu bisa memberi perlindungan dari hujan namun juga bisa menyerap sinar matahari hampir sembilan puluh persen karena menggunakan bahan yang transparan. Sehingga ruang yang berada di bawahnya tetap terlihat terang. Beda dengan atap biasa yang tidak dapat memasukan cahaya matahari kecuali diberi lubang. Maka dari itu atap berbahan polycarbonate sangat cocok untuk ruangan yang membutuhkan cahaya di saat siang hari, seperti kanopi, ruang jemur, garasi, gudang dan ruang lain yang membutuhkan cahaya di siang hari.

Atap polycarbonate memiliki beberapa keunggulan. Diantaranya yaitu bahan yang digunakan untuk membuatnya bersifat ringan namun punya sifat yang kokoh dan kuat, jadi sangat aman untuk diaplikasikan di mana saja. Proses pemasangannya juga sangat sederhana dan cepat, tidak membutuhkan waktu yang lama, terlebih dibanding dengan pamasangan atap biasa. atap polycarbonate tidak mudah bocor. Bahkan ketika dibuat dalam bentuk yang datar dan tidak menggunakan sudut kemiringan sama sekali, atap ini tetap akan aman tidak akan bocor. Jadi meski ada hujan yang turun dengan deras, tidak akan menimbulkan masalah.

Polycarbonate memiliki bentuk lembaran datar dengan pilihan warna bervariatif dan dijual per roll. Polycarbonate ada dua jenis yaitu polycarbonate rata dengan ronga dan polycarbonate bergelombang tanpa rongga. Polycarbonate biasanya digunakan di garasi,kanopi atau untuk atap tambahan. Harga Polycarbonate tergantung merk dan jenis. Pemasangan polycarbonate untuk rangka kayu menggunakan paku,sedangkan untuk rangka baja menggunakan mur baut.

Tips sederhana memilih kualitas polycarbonate adalah dengan menekan kuat menggunakan jari penampang berongga pada lembaran polycarbonate, jika berkualitas jelek maka konstruksi berongga polycarbonate yang ditekan tadi tidak akan kuat menahan tekanan jari sehingga akan penyok, anda bisa lakukan test ini pada beberapa merk polikarbonat yang berbeda lebih disarankan lagi anda lakukan test ini pada polikarbonat dengan harga yang termahal dan pada harga yang termurah untuk lebih jelas melihat perbedaannya.

 

Berikut gambar adalah contoh penggunaan atap polycarbonate dalam bangunan :

1. Dapur lebih terang dan nyaman saat siang hari

 

2. Rooftop menjadi lebih indah

 

3. Ruang makan menjadi tampak indah