Perlukah Memasang Genteng Metal?

14 , May , 2019
Perlukah Memasang Genteng Metal?
eaglerestore.com

Logam populer digunakan untuk bangunan perumahan, komersial dan industri. Ada berbagai jenis profil logam yang cocok untuk hampir setiap rumah. Atap rumah dapat dibuat dari berbagai bahan: seperti genteng dari tanah liat, kayu, genteng metal dan sebagainya. Genteng metal atau atap logam memenuhi persyaratan tertinggi dalam hal daya tahan, kekuatan dan stabilitas.

Banyak produsen mengklaim bahwa atap tersebut memerlukan sedikit atau bahkan hampir tanpa perawatan, murah dan memiliki keberlangsungan yang lebih panjang dibandingkan dengan bahan atap lainnya. Tembaga, seng, titanium, aluminium, stainless atau baja galvanis dan titanium: Bahan yang berbeda juga dapat digunakan untuk pembuatan atap logam atau genteng metal ini.

Banyak yang berpendapat bahwa atap metal yang merupakan salah satu jenis-jenis atap rumah, hanya memerlukan sedikit bahkan hampir tanpa perawatan jika dibandingkan dengan atap-atap berbahan lainnya. Mari kita simak lebih dalam mengenai genteng metal.

 

Apa Itu Genteng Metal?

source : dkroofingsolutions.com

Jenis bahan atap logam atau genteng metal kini menjadi salah satu pilihan yang dibincangkan banyak orang. Salah satu manfaat utama atap logam adalah memiliki banyak pilihan yang dapat disesuaikan dengan keinginan anda. Misalnya tin, seng, alumunium, tembaga, baja glavanis dan masih banyak lagi. Anda dapat memilih berdasarkan bentuk, daya tahan, model dan harga yang sesuai. Jika dibandingkan dengan jenis genteng lain, genteng logam menjanjikan lebih banyak varian.

Berdasarkan data statistik perindustrian, banyak pemilik rumah yang mengganti atap rumah mereka per tiap tahunnya untuk mencari atap dengan terapan metode hijau dan hemat energi. Hal ini menjadikan genteng metal berada diposisi teratas karena permintaan dipasar yang cukup tinggi.

 

1. Bobot yang Ringan

source : youtube.com/Worthouse

Bentuknya yang berupa lembaran-lembaran membuat bobot genteng metal sangatlah ringan. Berat susunan genteng metal yang membentuk luas sebesar 1 m2 rata-rata adalah 7 kg. Jika dibandingkan dengan atap beton, dengan luas yang sama bobot yang didapat adalah sekitar 60 kg. Sangat jauh bukan? Hal ini mengindikasikan bahwa genteng metal merupakan pilihan yang terbaik digunakan bagi daerah yang rawan gempa.


2. Pemasangan Mudah dan Cepat

source : fmrp.net

Genteng metal sengaja dirancang sedemikian rupa sehingga mudah dipasang dalam waktu yang relatif singkat. Yang perlu anda lakukan hanyalah menghamparkannya secara teratur diatas rangka atap, kemudian menancapkan beberapa buah sekrup. Genteng pun terpasang dengan kuat. Terdengar mudah dan simpel, tapi jangan khawatir dengan kekuatannya! Genteng metal dikenal memiliki kemampuan yang baik dalam menahan guncangan gempa dan terpaan angin.


3. Pilihan Beragam

source : wmr.co.nz

Pilihan genteng metal tersedia dalam berbagai pilihan warna yang menarik, lho. Hal ini yang menjadikan genteng metal dapat diaplikasikan di rumah-rumah dengan desain modern, minimalis sampai tradisional.


4. Daya Tahan Tinggi

source : metalcraftgroup.co.nz

Daya tahan genteng metal terbilang baik dan tinggi. Bahan atap yang satu ini bersifat anti pecah, hebat bukan? Tidak hanya itu, ia juga anti jamur, anti lapuk dan anti rayap. Dengan karakteristiknya, genteng metal dapat digunakan hingga berpuluh-puluh tahun pemakaian tanpa mengalami kerusakan yang serius.


5. Harga Lebih Terjangkau

source : theventurecorner.com

Genteng metal rupanya masih masuk ke dalam interval harga sedang atau menengah. Anda dapat membandigkan dengan bahap atap rumah yang lainnya. Untuk ukuran atap yang luas, akan sangat memudahkan anda karena anda hanya membutuhkan sedikit lembaran genteng metal. Ini bisa menjadi tips hemat membangun rumah, bukan?