Perhatikan Hal Ini Sebelum Memilih Galvalum

07 , August , 2018
Perhatikan Hal Ini Sebelum Memilih Galvalum
galvalum

Saat ini, material baja ringan atau yang biasa disebut dengan galvalum sedang naik daun dan menjadi primadona. Material yang satu ini memiliki banyak kelebihan, utamanya adalah bobot yang begitu ringan untuk memudahkan proses pemasangan rangka atap, namun sangat kokoh untuk menopang berbagai jenis atap yang akan digunakan.

Jika anda berencana memasang rangka dan atap galvalum di rumah anda, maka perlu perhatikan beberapa tips dibawah ini sebelum memilih material galvalum, mari kita simak

 

Perhatikan Kualitas Galvalum

Kualitas dari baja ringan bisa dilihat dari nilai tegangan tarikan. Setidaknya, baja ringan yang kamu pilih memiliki nilai tegangan tarikan 550 Mpa sehingga kokoh untuk menopang berbagai jenis atap.

Selain itu, penghitungan kualitas baja ringan juga menggunakan SAE grade sebagai patokan, di mana baja ringan dengan kualitas terbaik memiliki nilai SAE grade 980. Perlu diketahui, semakin kecil nilai tegangan maka menunjukan bahwa tarikan baja ringan semakin rendah sehingga mempengaruhi kekuatan dalam menopang beban.

 

Pilih Galvalum Yang Memiliki Garansi

Sebelum memilih material Galvalum atau baja ringan, pastikan dulu bahwa baja ringan yang anda beli dilindungi oleh dukungan garansi. Ya, garansi baja ringan tersebut tak hanya berlaku untuk pemakaian dan instalasi saja, melainkan garansi produksi yang menyatakan bahwa ketahanan baja ringan telah diuji coba sesuai keterangan nilai tegangan tarikan yang dilampirkan.

 

Sesuaikan Penutup Atap dengan Jenis Rangka Galvalum

Meskipun anda menggunakan rangka dari material baja ringan, bukan berarti anda hanya bisa menggunakan penutup atap dari bahan logam saja. Di sini, kita diberikan kebebasan untuk menggunakan berbagai jenis penutup atap atau genteng seperti asbes, keramik, beton, hingga kaca. Sesuaikan penggunaan penutup atap karena semakin berat bobot penutup atap, semakin banyak baja ringan yang harus kamu gunakan.

 

 

Sesuaikan Model Atap dengan Model Kerangka Galvalum

Rangka baja ringan bisa dibentuk menyesuaikan variasi model atap yang kamu inginkan. Namun, pembentukan rangka dari atap baja ringan harus kamu sesuaikan dengan beban yang akan ditumpu. Nah, jika kamu ingin memastikan kekuatan rangka desain atap dari baja ringan, silahkan buat jarak yang cukup rapat antar baja ringan supaya bisa menopang beban dengan sempurna, baiknya maksimal kerenggangan antar baja ringan adalah 150 cm.

Itu adalah sedikit tips yang bisa menjadi panduan sebelum anda memilih atap galvalum.

source : www. dekoruma.com