Pengguanaan Cat Waterproff Sebagai Anti Rembes

22 , November , 2018
Pengguanaan Cat Waterproff Sebagai Anti Rembes

Menjelang musim hujan, permasalahan yang sering terjadi pada hunian adalah tembok rembes. Penyebab utamanya adalah air hujan terserap oleh pori-pori tembok yang membesar. Jika dibiarkan terlalu lama, tembok rembes ini bisa membuat hunian tidak sehat dan tembok mudah rusak. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah menggunakan cat waterproof.


1. Apa itu cat waterproof?

Sesuai dengan namanya, cat waterproof adalah cat anti air. Bahan pelapis yang satu ini umumnya dibuat menggunakan campuran lateks, minyak, serta concrete base yang seratnya dapat mencegah air menembus permukaan benda yang dilapisinya.

Tidak hanya tembok, cat waterproof juga seringkali digunakan pada perahu, tangki air, kolam, dan sejumlah benda lain yang rentan terkena air. Cat waterproof membuat air tidak merembes melainkan mengalir ke bawah.

 

2. Cat waterproof bermanfaat untuk mencegah rembes dan kebocoran

Manfaat utama dari cat waterproof jelas mencegah rembes dan kebocoran. Saat musim hujan datang, bukan tidak mungkin tembok bagian luar hunian terkena air. Jika menggunakan cat rumah biasa, air hujan akan terserap ke tembok dan menembus ke tembok bagian dalam.

Hasilnya cat akan mengelupas atau menggelembung kemudian membuat tembok terlihat jelek. Kalau sudah parah, air yang merembes bisa membuat bagian dalam rumah tergenang.

 


3. Cat waterproof bermanfaat untuk mencegah munculnya jamur

Rembesan air pada tembok akan meningkatkan kelembapan. Akibatnya jamur tumbuh dengan pesat dan tembok jadi lebih cepat rusak. Tidak hanya itu, jamur juga bisa mengancam kesehatan sang penghuni. Dengan cat waterproof, kelembapan tembok bisa terjaga dengan baik.

 


4. Cat waterproof lebih mudah dibersihkan

Karena sifat cat waterproof yang tidak menyerap air, anda tidak perlu khawatir jika ada noda yang menempel. Misalnya saja bekas minyak goreng, cat air, atau krayon. Untuk membersihkannya anda bisa mengggunakan air sabun, spons, dan sikat. Tidak perlu khawatir akan merusak tembok karena air yang anda gunakan tidak akan terserap cat waterproof.

 

5. Tempat yang perlu menggunakan cat waterproof

Dalam sebuah hunian, ada beberapa tempat yang perlu menggunakan cat waterproof. Di antaranya adalah tembok luar untuk menghindari rembesan air hujan. Tembok yang ada pada kamar mandi pun perlu dilapisi dengan cat waterproof untuk mencegah kerusakan dan kelembapan tinggi. Bagian atap juga perlu dilapisi cat waterproof agar tidak timbul kebocoran, baik itu genteng atau temboknya.

 

6. Cara mengaplikasikan cat waterproof

Ada 2 tahap untuk mengaplikasikan cat waterproof. Pertama adalah merapikan permukaan tembok yang akan dicat. Pastikan permukaan tembok sudah bersih dari debu, minyak, jamur, cat yang mengelupas, dan sebagainya. Jika ada permukaan tembok yang berlubang atau mengalami retak rambut sebaiknya ditambal atau diperbaiki terlebih dahulu. Misalnya menggunakan super cement atau polyester mesh.

Setelah mendapatkan tembok yang bersih dan rapi, pastikan tembok dalam keadaan kering sebelum mulai melapisinya dengan cat waterproof. Hal ini wajib diperhatikan agar cat waterproof bisa melapisi tembok dengan sempurna tanpa gelembung.

Berikutnya adalah proses pelapisan. anda bisa menggunakan kuas, rol cat, dan airless spray. Pastikan untuk melapisi dalam satu arah hingga merata. Setelah itu tunggu hingga benar-benar kering sebelum memulai lapisan kedua. Kemudian anda bisa menimpanya dengan cat tembok biasa yang disesuaikan dengan konsep interior.

Tembok yang bebas rembesan tentu akan membuat hunian terlihat lebih indah dan penghuninya bebas dari penyakit. Kalau tembok anda belum dilapisi cat waterproof, segera lakukan sebelum musim hujan benar-benar datang dan membuat anda kerepotan!

source : www.dekoruma. com