Jenis Cat Yang Tepat Untuk Atap

24 , June , 2019
Jenis Cat Yang Tepat Untuk Atap
roofingcalc.com

Atap merupakan pelindung hunian dari terpaan hujan dan sinar matahari yang membara. Selain mempercantik tampilan eksterior hunian, anda pun harus memastikan bahwa genteng terbuat dari material dengan kualitas baik dan dilapisi cat genteng yang tepat sehingga memberikan jaminan durabilitas jangka panjang.

Selain memilih material genteng yang pas, anda pun harus memilih cat genteng terbaik yang tak hanya menghasilkan finishing dengan tampilan sesuai keinginan anda, namun juga sesuai dengan material dasar genteng sehingga lebih optimal dalam memberikan perlindungan.

 

Styrene Acrylic

source : fundable.com

Pilihan pertama, anda bisa memilih cat genteng yang mengandung formula styrene acrylic. Kandungan yang satu ini memiliki kemampuan yang baik untuk melindungi permukaan genteng dari pengaruh cuaca, termasuk memberikan perlindungan maksimal terhadap jamur dan lumut, serta menghasilkan finishing glossy pada genteng di hunian anda. Adapun, penggunaan cat genteng ini tak hanya dipakai pada genteng tanah liat saja, melainkan juga genteng beton dan atap asbes.

 

Alkyd Synthetic

source : pinterest.com

Anda juga bisa memilih cat genteng yang dibuat dengan formulasi alkyd synthetic. Memiliki karakter yang cukup kuat dengan finishing glossy, cat ini juga memiliki ketahanan yang baik terhadap jamur dan cuaca. Nah, selain dipakai sebagai cat genteng pada material atap tanah liat atau beton, cat dengan bahan utama alkyd synthetic juga bisa dipakai untuk mewarnai permukaan kayu dan besi.

 

Zinc Chromate Primer

source : roofingsuperstore.co.uk

Beberapa rumah minimalis kini mulai meninggalkan penggunaan genteng tanah liat dan menggantinya dengan genteng metal karena dinilai memiliki ketahanan yang lebih baik. Khusus untuk genteng metal, sebaiknya anda memakai cat genteng yang mengandung bahan dasar zinc chromate, di mana kandungan ini dapat melindungi genteng logam dari korosi sehingga awet dipakai dalam jangka panjang.

 

Acrylic Resin

source : dwell.com

Alternatif lain, anda bisa menggunakan cat genteng yang mengandung bahan dasar resin akrilik. Cat ini dapat anda aplikasikan secara langsung di atas genteng beton, asbes, ataupun genteng tanah liat, memiliki lapisan film yang keras, ketahanan yang baik, dapat kering dengan cepat dan menghasilkan finishing glossy.

 

Cat Waterproof

source : archiexpo.com

Sesuai namanya, cat genteng yang satu ini memiliki kekuatan antibocor, serta dapat digunakan sebagai cat dasar untuk menutup retak rambut pada genteng. Bersifat kedap air, antijamur, antialkali, antileleh, serta elastis, cat genteng waterproof bisa digunakan pada atap seng, asbes, kayu, beton ataupun genteng tanah liat.

 

Vernis Thinner

Cat genteng vernis dibuat dari bahan dasar solvent base (thinner). Jenis cat ini memberikan hasil akhir kilap yang menawan dan memiliki ketahanan yang prima terhadap cuaca. Selain itu, cat genteng juga memiliki kelebihan untuk mengurangi debu yang menempel sehingga genteng di hunian akan selalu tampak mengkilap dan bersih, serta menjaga warna dasar genteng supaya tidak mudah luntur.

Tentunya, cat genteng memiliki kandungan yang berbeda ketimbang cat dinding ataupun cat furnitur karena harus memiliki kemampuan untuk melindungi atap supaya awet dengan tampilan warna yang tidak cepat pudar meskipun terkena paparan sinar matahari ataupun hujan.

Selain memilih warna cat genteng yang sesuai dengan konsep hunian dan menyesuaikannya dengan material atap, pastikan anda memperhatikan kandungan yang terdapat di dalam cat genteng.

 

source : dekoruma . com