Turbin Ventilator Pengusir Panas Bangunan

08 , October , 2018
Turbin Ventilator Pengusir Panas Bangunan

Mungkin kita sering melihat Turbine Ventilator di atap bangunan gudang maupun rumah tinggal, tetapi mungkin juga kita sebenarnya kurang mengetahui apa sih sebenarnya Turbine Ventilator itu dan apa fungsinya.

Turbin Ventilator atau yang disebut juga dengan wind catcher merupakan salah satu penerapan ilmu dasar fisika. Anda tentu juga sudah tidak asing dengan pengetahuan tentang angin yang mengatakan jika “Angin bergerak dari tempat yang bertekanan udara tinggi ke daerah yang bertekanan udara rendah”.

Dengan memanfaatkan sifat angin ini, Turbin Ventilator hadir sebagai alternatif untuk mengusir panas dari rumah Anda. Turbin Ventilator akan menarik udara panas bertekanan tinggi dari dalam rumah dan angin yang berhembus di sekitar turbin akan masuk ke dalam rumah melalui sirip-sirip turbin. Jika angin sedang bertiup kencang, angin panas di dalam rumah pun akan langsung terusir dengan lancar.

Prinsip turbin ventilator itu adalah thermosiphon, yaitu dia berputar berdasarkan tekanan dan aliran udara panas yang ada didalam rumah. bahwa udara bergerak dan mengalir dari suhu rendah ke suhu yang lebih tinggi dan ini akan menyebabkan force draft udara panas. Jika ventilasi udara dalam rumah baik maka suhu udara dalam rumah akan normal, tetapi jika dalam rumah masih terasa panas, maka perlu adanya bukaan atau ventilasi atau buangan angin yang memadai. rumah menjadi panas dapat dipengaruhi oleh panas radiasi yang keluar dari plafon yang behubungan langsung dengan atap rumah. Nah dari disinilah fungsi turbin ventilator bekerja, uap panas yang ada didalam atap akan dibuang berdasar prinsip thermoshipon, yaitu berputar nya turbin karena tekanan uap panas dr dalam atap, sehingga jika di plafon diberi saluran udara atau bukaan langsung ke atap maka aliran udara panas akan menuju atap melalui bukkan plafon dan akan direlease/ dilepas melalui turbin ventilator.

Keuntungan turbin ventilator ini adalah hemat energi, tapi juga perlu diperhitungkan jumlah TV berdasarkan luas atap, sehingga akan efektif pendinginannya juga akan membuat rangka atap khususnya yang terbuat dari kayu akan awet. Indikasi efektifitas TV ini bisa dilihat pada suhu ruangan dibawah atap/ dalam rumah akan turun secara signifikan dan kondisi attic (ruang antara plafon dan atap) akan kering dan lebih dingin, karena biasanya kondisi iklim di indonesia yang ber humidity tinggi akan menyebabkan attic akan lembab dan basah jika rangka atap terbuat dari bahan kayu.

Untuk Anda yang tertarik untuk memasang Turbin Ventilator ini, Anda cukup melakukan sedikit renovasi pada bagian atap dan plafon rumah Anda. Dengan membuka beberapa genting atap rumah, dan memberi cerobong turbin di atasnya saja, Turbin Ventilator sudah dapat bekerja dengan baik. Jika Anda tertarik untuk memasang Turbin Ventilator ini, maka pemasangannya harus dikonsultasikan dengan orang yang telah berpengalaman. Walau pemasangannya tidak sulit, namun Anda tidak boleh asal-asalan memasangnya, apalagi jika Anda tidak pernah melakukan hal ini sebelumnya. Untuk itu, ada baiknya untuk menggunakan jasa ahli atau kenalan Anda yang sudah berpengalaman sebelumnya.