Tips Rumah Tetap Aman saat Ditinggal Mudik Lebaran

14 , June , 2018
Tips Rumah Tetap Aman saat Ditinggal Mudik Lebaran

Tak terasa tinggal menghitung beberapa hari kita akan menyambut lebaran. Momen ini sering dimanfaatkan oleh sebagian besar orang untuk pulang ke kampung halaman.

Mudik lebaran memang jadi momen yang selalu dinanti, terlebih lagi bagi mereka yang tinggal dan mencari penghasilan di kota besar jauh dari keluarga.

Meski harus menempuh perjalanan yang macet dan merasakan kelelahan, banyak orang yang tetap memutuskan untuk mudik saat lebaran, karena rasa lelah, capek dan letih seolah terbayarkan saat melihat keluarga dan sanak-saudara di kampung halaman.

Namun, bagaimana nasib rumah yang ditinggal mudik? Berikut ini tips rumah aman selama ditinggal mudik.


Berikut Adalah Tips Rumah Aman saat Ditinggal Lama Mudik Lebaran

1. Pastikan jendela dan pintu terkunci rapat
Tips rumah aman yang pertama adalah memastikan kembali semua bagian rumah terkunci rapat, khususnya akses masuk seperti pintu, jendela dan pagar tertutup rapat. Tak hanya harus tertutup rapat, anda juga bisa menambahkannya dengan gembok agar lebih aman.


2. Simpan barang berharga ke tempat yang paling aman
Sebaiknya simpan barang-barang berharga anda, seperti uang, perhiasan, dan kendaraan ke tempat yang paling aman.

Misalkan jika anda membutuhkan keamanan lebih, anda bisa memanfaatkan layanan penitipan barang yang disediakan oleh Bank atau Pegadaian terdekat. Dan untuk kendaraan, anda bisa memanfaatkan layanan penitipan kendaraan yang disediakan oleh kepolisian setempat.


3. Bersihkan rumah
Sebelum meninggalkan rumah, sebaiknya bersihkan rumah anda terlebih dahulu, seperti buang semua sampah dan tutup semua lubang pembuangan. Hal ini berguna untuk menghindari bau busuk, serangan nyamuk, semut dan kecoa.


4. Kosongkan tempat penampungan air
Kosongkan semua tempat penampungan air, seperti bak mandi, ember dan yang lainnya. Hal ini berguna agar selama rumah kosongmu tak menjadi sarang nyamuk demam berdarah.


5. Cabut aliran gas dan listrik yang tidak perlu

Bukan hanya pencurian saja yang menghantui rumah kosong, namun kebakaran yang berasal dari barang-barang (terutama barang elektronik) yang dapat menyebabkan arus pendek dan membakar seluruh isi rumah.

Jadi matikan semua aliran listrik alat-alat elektronik, seperti: komputer, televisi, radio, pompa air, dispenser, AC dan alat elektronik lainnya yang dapat menimbulkan korsleting yang menjadi salah satu pemicu kebakaran.


6. Minta tolong kepada orang yang dipercaya untuk menengok keadaan rumah

Sebelum mudik, anda bisa titipkan rumahmu pada kerabat atau tetangga yang dipercaya.

Minta tolonglah kepada mereka untuk sesekali menengok keadaan rumah dan jangan lupa titipkan nomor handphone anda kepada mereka, agar nantinya jika ada kejadian yang tak diharapkan anda bisa segera dihubungi.


7. Pasang CCTV yang dapat dipantau melalui internet

Jika perlu anda juga bisa memasang Closed Circuit Television (CCTV) di beberapa sudur rumah. Ini akan memudahkan dalam memantau rumah melalui smartphone saat Anda berada di kampung halaman.