Rangka Kayu VS Rangka Baja Ringan

24 , May , 2018
Rangka Kayu VS Rangka Baja Ringan
rangka atap baja ringan
Atap rumah atau plafon saat ini menjadi bagian penting yang memerlukan perencanaan biaya yang besar juga, apalagi ketika dihadapkan dengan budget yang harus dikeluarkan. Jika anda di suruh milih mana yang lebih baik, antara kayu dan besi hollow galvalum. Pasti jawabnya adalah besi. Pertanyaan yang mudah untuk dijawab, namun dibalik itu anda juga harus tau apa saja pertimbangan antara memilih ke dua bahan ini.
 
 
Jika Menggunakan kayu
Masih banyak orang yang ingin membangun rumah memanfaatkan kayu sengon sebagai rangka untuk membuat atap plafon, ada pula mereka yang menambahkan bahan anti rayap, namun sebaiknya anda pertimbangkan dulu bagaimana kekuatan dari atap rumah anda. Jika atap dak yang cenderung rapat mungkin tidak akan masalah. Musuh anda tinggal rayap kecuali air. Rayap inilah yang bisa saja menyerang kapan saja. Padahal walaupun sudah dikasih anti rayap ternyata jika efek obat tersebut sudah habis maka rayap akan menyerang bagian tengah kayu tersebut. Dan apa yang terjadi adalah kayu lapuk dan akhirnya mudah rusak. Dan sayang plavon yang anda beli menjadi tidak menarik lagi karena rangka yang tidak kuat.
Ada pula orang yang memilih menggunakan kayu bahan kalimantan atau jati, kalau harga saat ini maka anda lebih baik memilih besi saja. Karena harganya sebanding.
 
 
 
Jika Menggunakan Besi Holow Galvalum
Nah untuk besi ini menjadi alternatif, kenapa memilih ini, karena jelas anti rayap, tahan cuaca, kena air tidak busuk dan kuat. namun ingat jangan sampai anda menginjaknya langsung ketika anda membetulkan bagian atas plafon. Sebaiknya anda tetap memasang pijakan kayu diatas plafon untuk jaga jaga jika suatu saat nanti anda butuh membetulkans sesuatu di atas plafon rumah. Harga besi ini juga hampir seimbang jika anda bandingkan dengan budget menggunakan kayu jati dan kruwing. Jadi pilih mana, mahal dikit tapi tahan lama tentu menjadi pertimbangan tersendiri buat anda.
 
 
www.toentang-gallery .com