Cara Menghitung Sendiri Kebutuhan Atap Baja Ringan

09 , October , 2018
Cara Menghitung Sendiri Kebutuhan Atap Baja Ringan

Jika Anda ingin menggunakan atap baja ringan untuk rumah Anda, maka sebelumnya Anda perlu mengetahui terlebih dahulu berapa luasan ukuran yang Anda butuhkan. Mengapa hal ini penting? Karena perhitungan yang keliru akan membuat proses pemasangan menjadi lebih lama dari target yang ditentukan. Selain itu, secara finansial Anda akan mengalami kerugian karena material yang dibeli tidak sesuai dengan anggaran. Ini bukan termasuk salah satu tips hemat membangun rumah. Oleh karena itu, cara menghitung kebutuhan atap baja ringan harus dilakukan dengan cermat dan seksama. Untuk menghitung kebutuhan memasang rangka atap baja ringan terdapat dua metode.

Ketika ingin memasang atap baja ringan, Kita harus tahu terlebih dahulu mengetahui berapa baja ringan yang dibutuhkan. Namu beberapa orang mengandalkan jasa pemasangan untuk menghitung kebutuhan baja ringan, sebenarnya kita sendiri dapat menghitungnya dengan mudah. Anda dapat menggunakan perhitungan secara manual atau pun menghitung dengan menggunakan aplikasi yang sudah disediakan. Cara perhitungan secara manual cukup sederhana tetapi membutuhkan ketelitian yang tinggi supaya tidak terjadi kesalahan perhitungan. Berikut ini adalah beberapa rumus dan contoh soal yang digunakan sebagai cara menghitung kebutuhan atap baja ringan.

Cara Menghitung Kebutuhan Atap Baja Ringan

Menghitung atap baja ringan sebenarnya tidak terlalu sulit. Umumnya, rangka atap baja ringan dihitung dengan menggunakan satuan meter persegi. Rumus yang digunakan untuk menghitung volume rangka atap baja ringan adalah sebagai berikut :

Volume = ( Panjang Bangunan + Overstek Genteng ) x ( Lebar Bangunan + Overstek Genteng ) / Derajat Kemiringan Atap Genteng ( cos derajat )

Dengan contoh soal sebagai berikut :

Budi baru saja membeli sebuah rumah dengan ukuran 8 x 8 meter, dimana masing-masing atapnya memiliki overstek dengan panjang 1 meter dimana kemiringan atap yang dimiliki adalah berkisar 35 derajat. Berdasarkan data-data tersebut, maka volume rangka atap baja ringan dari rumah tersebut adalah?