Aluminium Foil Sebagai Pelapis Atap

31 , July , 2018
Aluminium Foil Sebagai Pelapis Atap
aluminium foil
aluminium foil atap

Aluminium Foil sangat berfungsi sebagai pelapis atap bangunan, juga sebagai insulator panas. Aluminium foil biasanya terbuat dari bahan yang kuat, elastis dan tahan air. Lapisan alumunium foil biasanya digunakan dengan rangka atap berbahan baja ringan. Kedua bahan ini mempunyai daya tahan yang kuat, sehingga dapat digunakan dalam waktu lama. Salah satu fungsi alumunium foil adalah sebagai isolator panas. Bangunan yang dipasangi aluminium foil akan membuat bangunan tersebut tahan terhadap panas matahari. Di bawah terik matahari siang suhu di bagian atap dapat mencapai 70 derajat celcius. Solusi untuk hal ini, salah satunya adalah penggunaan Aluminium Foil. Metode terbaik untuk memblokir sebagian besar panas adalah dengan memasang Aluminium Foil dibawah atap bangunan serta dengan memasang ventilasi yang memadai untuk atap.

Selain itu, lapisan alumunium foil ini juga dapat melindungi bangunan dari air maupun freon. Kedua fungsi ini menjadikan lapisan alumunium foil sangat ramah lingkungan. Selain melindungi rumah dari panas sinar matahari, lapisan alumunium foil juga dapat digunakan untuk melindungi rumah dari air hujan maupun embun. Hal ini sangat berguna untuk menjaga kondisi plafond yang Anda pasang. Biasanya, plafond yang terkena air tetesan hujan maupun embun akan melengkung bahkan menimbulkan jamur. Fungsi lain dari alumunium foil berguna untuk melindungi plafond dari debu. Biasanya, saat Anda menggunakan layanan pemasangan rangka atap baja ringan, Anda juga akan mendapatkan layanan pemasangan alumunium foil. Atau, Anda dapat menyediakan alumunium foil sendiri.


Alumunium foil yang ada dipasaran terdapat 2 jenis. Yaitu yang pertama Single side adalah jenis aluminium foil dengan lapisan yang hanya pada satu sisi, sehingga hanya akan terlihat mengkilap di bagian atas tetapi buram di bagian bawah.

 

Dan yang kedua Double side adalah jenis aluminium foil yang mengkilap pada atas dan bawah alias dua sisi. Kelebihan dari aluminium double side adalah mampu menolak radiasi lebih efektif dan lebih kuat jika dibanding dengan single side.

Jika dilihat dari bahannya aluminium foil ada yang menggunakan lapisan kertas atau ada juga bahan plastik. Aluminium Foil dengan bahan plastik tidak mudah sobek maka dari itu aluminium foil dengan bahan plastik biasanya lebih mahal. Bagi yang ingin mendapatkan atap ekspose, biasanya menggunakan alumunium foil double side. Selain  karena faktor kekuatan juga karena kerapihan yang akan tampak dari bawah. Alumunium foil single side juga bisa digunakan tetapi sebaiknya yang berbahan dasar plastik karena lebih kuat dan terlihat rapih.